Sunday, 16 November 2014

9 SKANDAL TERBESAR DI SM ENTERTAINMENT


SM Entertainment adalah salah satu manajemen terbesar di industri music hallyu, Korea Selatan. Beberapa artis sukses bernaung dibawah manajemen ini seperti, TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, F(x), Boa, Exo dll. Namun dibalik kesuksesan yang dibangun oleh Lee So Man ini, tidak membuat manajemen ini lepas dari beberapa skandal. Bahkan skandal2-nya cukup membuat manajemen ini kelabakan, dan mengalami anjloknya saham yang cukup drastis. Dan ini adalah beberapa skandal paling menghebohkan yang terjadi di SM Entertainment :



1. Pecahnya TVXQ/DBSK


Grup ini di debut pada tahun 2003 dengan lima anggota yaitu Yunho, Junsu, Yoochun, Jaejoong dan Changmin. Grup ini adalah salah satu grup tersukses yang pernah ada. Sayangnya di pertengahan tahun 2009 tanggal 31 juli, 3 anggotanya Junsu, Yoochun dan Jaejoong melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Seoul Tengah melawan SM Entertainment, dengan alasan merasa lelah hati karena kontrak mereka dengan SM dianggap sebagai perbudakan.
Kontrak eksklusif mereka selama 13 tahun dan kontrak-kontrak lainnya membuat mereka merasa tereksploitasi untuk memenuhi keuntungan perusahaan SM Entertainment dan bukan memenuhi impian mereka sebaga penyanyi. Dan bahkan ketika ada keuntungan dari penjualan album para anggota hanya mendapat bagian 0,4-1%. Mereka (TVXQ) sudah memutuskan untuk membicarakan perbaikan kontrak dengan manajemen, tetapi SM tidak pernah mendengarkan pendapat mereka. 
Kasus ini membuat TVXQ menjadi terpecah, Jaejoong, Yoochun dan Junsu memenangkan gugatan mereka dan membentuk grup baru dengan nama JYJ. Hal ini menyebabkan betapa susahnya mereka tampil di acara tv bahkan dinegaranya sendiri. Dan  Setelah hiatus selama 2 tahun 3 bulan, akhirnya TVXQ comeback dengan dua member yaitu Yunho dan Changmin. Meski tidak sesukses ketika masih berlima, tapi Yunho dan Changmin bisa membuktikan bahwa mereka mampu walaupun hanya dengan 2 anggota.





2. Keluarnya Han Geng dari Super Junior



Super Junior di debut pada tahun 2005 dengan 13 anggota, dan salah satu anggotanya berasa dari China yaitu Han Geng. Pada tanggal 21 Desember 2009, Hang Geng mengajukan gugatan terhadap UKM untuk mengakhiri kontrak karena ia merasa kontrak selama 13-tahun adalah melanggar hukum, dan dianggap tidak adil. Dia juga berpendapat bahwa ia juga dipaksa melakukan hal-hal di luar kontrak dan menolak cuti sakit yang menyebabkannya menderita ginjal. Bahkan ketika dia sedang sakit, Han Geng juga dipaksa untuk menghadiri acara penghargaan.
Satu tahun kemudian, pada 21 Desember 2010 Pengadilan Distrik Seoul memutuskan Han Geng menang atas gugatannya pada SM Entertainment. Dengan keputusan itu seluruh kontrak dengan SME dari Januari 2003, Februari 2007 dan Desember 2007 dinyatakan batal.
Han Geng kemudian melanjutkan aktivitasnya di China dengan rekaman album dan bermain film, namun ternyata SME belum mau mengakui kekalahannya. SME menyatakan tidak bisa menerima keputusan dan akan mengajukan banding. Dan hasil banding itu belum keluar sampai saat ini.
Menurut berita yang beredar pengacara Han Geng mencabut gugatan di pengadilan dan akan melanjutkan kontraknya dengan SME. Berita itu juga dibenarkan dari pihak SME yang membenarkan kembalinya Han Geng meski belum tentu kembali ke Super Junior.

Kalo baca berita ini, pendapat saya suka kalo Han Geng bisa balik lagi ke Super Junior, tapi mendingan ga usah balik lagi deh. Han Geng udah cukup sukses dengan solo karirnya tanpa harus balik lagi ke SM Entertainment hehehe... (just my opinion).

cr: detik.com & wikipedia 

3. Tiga Member SNSD Resmi Pacaran


Tahun 2014 sepertinya memang bukan tahun yang baik untuk SM Entertainment. Di awali dengan terkuaknya hubungan Lee Seung Gi dan Yoona SNSD. Memang sudah sejak lama Lee Seung Gi jatuh cinta pada visul SNSD tersebut. Bahkan pihak manajemen memberikan pernyataan bahwa mereka berdua memang resmi pacaran. Dan rupanya banyak fans yang juga mendukung hubungan mereka.



Sehari setelah terkuaknya hubungan Yoona dan Lee Seung Gi atau tepatnya tanggal 2 Januari 2014. Publik dikejutkan dengan Sooyoung yang terlibat cinta lokasi dengan lawan mainnya Jung Kyung Ho. Hal ini menjadi pukulan telak bagi SME di awal tahun. Tapi SME akhirnya berbesar hati mengkonfirmasikan bahwa artisnya itu memang resmi pacaran.



Selang beberapa bulan yaitu tanggal 3 April, publik kembali dikejutkan dengan skandal percintaan antara Tiffany SNSD dan Nickhun 2PM. Tak ada yang menyangka tentang hubungan mereka, pasalnya beberapa waktu lalau di acara reality show We Got Married Nickhun dipasangkan dengan Leader F(x), Victoria. Hal ini cukup membuat fans merasa patah hati, karena keduanya adalah idol yg cukup populer. 

Sampai disini para fans tidak memberikan respon secara berlebihan seperti idol- idol lainnya yang ketahuan pacaran. Tapi hal ini cukup membuat SM Entertainment kelabakan menjawab skandal para artisnya ini.



4. Hengkangnya Kris dari Exo



Tak hanya Han Geng artis China yang mendapat perlakuan kurang adil dari menejemen ini. Karena publik kembali dikejutkan dengan gugatan penghentian kontrak yang dilayangkan Kris Exo pada SME tanggal  14 Mei lalu. Awalnya belum ada kejelasan alasan Leader Exo-M ini memutuskan hengkang dari grup yang sudah membesarkan namanya itu. 
Setelah membuat publik bertanya-tanya, akhirnya Kris melalui pengacaranya Hankyul menjelaskan alasannya. Saat diwawancarai media Cina Sina, Hangkyul menjelaskan jika kliennya merasa sangat tertekan dan tak bebas oleh agensinya.

Kris telah beberapa kali berbicara dengan agensinya agar diperlakukan dengan adil. Kris ingin mengembangkan sayapnya tak hanya di dunia tarik suara saja, tapi juga akting. Hal itu yang tak ia dapatkan. Padahal, rekan-rekan lainnya di SM, seperti Heechul dan Kyuhyun `Super Junior`, atau Changmin `TVXQ` mendapatkan kesempatan berakting di drama atau variety show, dilansir dari OhKPop, Sabtu (17/5/2014).
Kris ingin meluapkan ambisinya dalam berakting dengan bermain drama. Hal itu diungkapkan Kris setelah ia menerima tawaran bermain drama. Sayangnya, pihak SM Entertainment menolaknya.

Banyak pihak yang menyatakan bahwa keluarnya Kris dari Exo terlalu terburu-buru. Dan para member lainnya juga merasa terpukul dengan kepergian Leader asal China yang tiba- tiba ini, bahkan mereka baru mengetahui gugatan Kris pada tanggal 15 Mei menjelang konser mereka. Hal ini banyak pihak menuding Leader itu tidak bertanggung jawab, tapi Kris juga masih bertanggung jawab dengan kegiatannya bersama EXO. Kris tak pernah mangkir dari tugasnya bersama EXO selama ini seperti kabar yang beredar.

Cr: Liputan6.com



5. Terkuaknya Hubungan Taeyeon SNSD & Baekhyun Exo


Belum habis berita tentang hengkangnya Kris dari Exo, (18/6/14) SM Entertainment kembali terjerat skandal yaitu terkuaknya hubungan Taeyeon dan Baekhyun. Tidak seperti 3 member SNSD lainnya yang mendapat tanggapan positif dari masyarakat, hubungan mereka mendapat tolakan dan cibiran dari para fans. Pasalnya posisi Baekhyun adalah Junior dan lebih muda 3 tahun dari Leader SNSD itu. Dispatch korea juga merilis bahwa mereka sudah menjalin hubungan selama 4 bulan. Dan dari pihak SM Entertainment juga memberi pernyataan bahwa mereka sedang berkencan.

Dan terkuaknya hubungan ini bertepatan setelah kasus hengkangnya Kris dari Exo, dan ini membuat para fans tidak bisa menerima hubungan mereka. Bahkan Baekhyun sempat di teriaki fans sebagai pengkhianat ketika menjadi MC di Inkigayo, dan banyak petisi yang meminta agar Baekhyun tidak menjadi MC lagi di acara musik tersebut. 
Bahkan acara musikal yang di bintangi Baekhyun yang biasanya tiketnya selalu terjual habis, pasca hubungan mereka terkuak banyak fans yang membatalakan pemesanan tiket tersebut.

Dan sekembalinya Taeyeon ketika pertama kali hubungannya dengan Baekhyun terkuak ke media, terlihat Taeyeon menangis dan meminta maaf pada para fans yang hadir dibandara.



6. Sulli Pacaran, Hiatus, Hingga Rumor Keluar dari F(x)



Belum reda skandal pacaran Baekhyun dan Taeyeon, lagi-lagi skandal kembali menerpa agnesi besar ini. 19 Agustus 2014 publik kembali dikagetkan dengan kabar Sulli f(x) yang menjalin hubungan dengan personil Dynamic Duo, Choiza. Hal ini mendapatkan banyak komentar kecewa dari fans karena jarak usia mereka yang cukup jauh. Tapi berita ini memang sudah dinyatakan benar oleh SM Entertainment.


Belum hilang rasa kaget fans, Sulli kembali diterpa rumor tak sedap. Salah satu magnae line fx ini diberitakan akan meninggalkan SM Entertainment.
Dilansir Allkpop, sebelumnya Dispatch mengungkap bahwa Sulli dan SM Entertainment berselisih paham mengenai album repackage f(x). Dua pihak ini memiliki pendapat berbeda saat proses memilih lagu.
"Saat ini, perselisihan Sulli dan SM semakin memuncak. Konflik di antara keduanya memanas soal album repackage. Permasalahan muncul saat proses pemilihan lagu dan Sulli meminta untuk keluar dari fx," tulis Dispatch seperti yang dilansir Allkpop.
Beberapa saat kemudian, artikel Dispatch itu telah diganti. Mengungkap jika alasan Sulli keluar dari fx adalah keinginannya untuk menjadi aktris. Dan Choi Jinri (nama asli Sulli) memang memutuskan untuk tidak lagi aktif sementara di industri hiburan Korea Selatan. SM Entertainment telah meresmikan hiatus Sulli pada 25 Juli lalu.
Menurut manajemen yang juga membawahi grup EXO tersebut, Sulli kerap merasa tertekan karena komentar-komentar negatif yang ditujukan padanya. Sulli hanya akan istirahat untuk sementara waktu sampai ia siap kembali lagi ke atas panggung.

Sementara itu, f(x) masih tetap beraktivitas dengan empat orang member ketika tampil di panggung konser SMTOWN 15 Agustus lalu. Kegiatan individual mereka juga akan mengikuti selama beberapa waktu kedepan.
cr: kapanlagi.com


7. Sungmin Super Junior & Kim Sa Eun Pacaran


Lagi- lagi satu bulan berlalu, fans kembali di buat kaget tentang rumor pacaran Sungmin Super Junior dengan artis Kim Sa Eun. Seperti diberitakan oleh Woman Chosun, Sungmin dan Kim Sa Eun pertama bertemu tahun lalu dalam musikal The Three Musketeers. Mereka kedapatan tengah ngedate dengan nonton musikalPriscilla bersama pada tanggal 17 Juli silam.
"Sungmin memakai topi yang ditutupkan ke wajah sehingga tidak terlalu terlihat. Namun keduanya terlihat dekat seperti pasangan yang tengah pacaran," ungkap Woman Chosun seperti dilansir ulang Soompi.
Setelah berita tersebut dilansir, fans mulai menggali fakta tentang keduanya. Mereka menemukan berbagai kesamaan baik dari baju maupun aksesoris yang dikapai oleh dua bintang tersebut.
Pada tanggal 24 September, perwakilan dari aktris Kim Sa Eun lantas memberikan konfirmasi bahwa mereka benar berpacaran. Hal itu terjadi dalam interview di TV Report. Mereka mengatakan bahwa keduanya masih dalam masa-masa awal pacaran.
Setelah beberapa waktu berlalu, akhirnya Sungmin memberitahu bahwa dia akan menikahi kekasihnya itu. Bahkan mereka hanya pacaran selama satu bulan, dan itu membuat publik menjadi curiga. Hingga muncul rumor bahwa Sa Eun tengah hamil sehingga Sungmin buru- buru menikahi kekasihnya itu. Tetapi dari pihak Kim Sa Eun membantah keras rumor itu. Dan saat ini Kedua pasangan ini sudah menyebar undangan super cute dan akan melaksanakan pernikahan mereka tanggal 13 Desember mendatang.
Congratulation Sungmin oppa!!
cr:kapanlagi.com


8. Jessica dikeluarkan dari SNSD



Beberapa hari setelah pernyataan manajemen tentang skandal pacaran Sungmin, kali ini publik sangat dikejutkan tentang keluarnya Jessica dari SNSD.  Selasa (30/9) pagi, Dikira Kena Hack mengagetkan fans dengan menulis pesan via Weibo mengatakan ia telah dipecat dariGirls Generation. Fans pun mengira socmed idolanya ini kena hack dan tak terlalu menggubris.
Keadaan memanas setelah para member Girls Generation berangkat ke China tanpa Jessica. Fans pun langsung menyadari ada yang tak beres pada girlband SM Entertainment itu.
Para fans merasa tidak sabar untuk mengetahui kebenaran kasus pendepakan Jessica itu. Pasalnya, SM Entertainment membutuhkan waktu yang cukup lama dalam merilis official statement.
SME menyatakan bahwa mulai Selasa, (30/9), Jessica resmi bukan lagi member SNSD. Agensi yang juga menaungi banyak idol populer tersebut mengungkap bahwa kakak kandung Krystal fx ini sendiri yangberkeinginan untuk meninggalkan grupnya.
Dijelaskan SM Entertainment, alasan Jessica lebih memilih untuk berpisah dengan SNSD karena ada kepentingan pribadi. Rumor mengenai pernikahan sang idol dengan CEO Korea Amerika, Tyler Kwon pun langsung merebak.
Setelelah beberapa lama kasus ini merebak, ternyata penyebab utama didepaknya Jessica dari SNSD adalah BALNC perusahaan fashion-nya. Diharapkan Jessica lebih memfokuskan kegiatan pada SNSD tetapi beberapa waktu belakangan ini diberitakan Jessica lebih sibuk mengurusi perusahaan barunya. 
Untuk itu pihak SM memutuskan bahwa Jessica tidak akan aktif dengan SNSD lagi dan SNSD resmi aktif dengan delapan member. Tetapi Jessica masih akan menjalani solo karirnya di bawah manejemen yang sama karena baru saja menandatangani kontrak baru dengan SME.
CR: kapanlagi.com

9. Luhan Keluar dari Exo


Hanya berselang beberapa hari tentang pemberitaan didepaknya Jessica dari SNSD, publik benar- benar kembali dikejutkan dengan berita gugatan yang dilayangkan Luhan ke pihak SM Entertainment. Jum'at (10/10), para fans EXO tentunya heboh mengetahui idolanya melayangkan gugatan pada SM Entertainment. Meski sempat shock, para fans ternyata bisa menerima kepergian sang idol dengan baik.

Awalnya belum ada pernyataan resmi alasan Luhan melayangkan gugatan ke pihak SME. Tetapi di sisi lain, sebuah media China membocorkan apa alasan asliLuhan memilih meninggalkan SM Entertainment. Sang idol merasa ada diskriminasi perlakuan pada member non Korea.

Diberitakan juga alasan Luhan memilih hengkang karena dirinya di perlakukan layaknya robot. Dan alasan kesehatan yang akhir-akhir ini sering dideritanya dan membuatnya semakin stres. Dan alasan lainnya adalah masalah pembagian pendapatan yang tidak sesuai dengan kerja kerasnya selama ini.

Tak sampai disitu, member asal China ini mengungkapkan bahwa SME  jelas membeda-bedakan antara EXO-K dan EXO-M adalah sub-unit dari exo yang sudah terbentuk sejak tahun 2011. Sub-unit sendiri terbagi menjadi dua, EXO-M dan EXO-K. Tugas EXO-K adalah untuk menghibur negara bagian Korea, dan tugas EXO-M adalah untuk menghibur penggemar di wilayah negara China. Namun dalam gugatan Luhan kepada SM Entertainment, melalui pengacaranya ia menyebut jika EXO-M tak pernah mendapatkan subsidi dari SM Entertainment.

Hal inilah yang membuat Luhan sangat kecewa dengan sistem kerja SM Entertainment. Kesan membedakan pun terlihat semakin jelas setelah member dari EXO-M tidak pernah mendapatkan sumbangan seperti yang diberikan kepada EXO-K.
Para fans EXO beramai-ramai memasang hastag #alwayssuportluhan sebagai bentuk dukungan mereka pada sang idol. Tak perlu waktu lama, dukungan untuk Luhan via Twitter itu pun menjadi trending topic dunia.
Semangat Luhan,,,, huhuhu walaupun saya sedih bahwa Luhan sudah tak ada di Exo lagi, saya tetap mendukung keputusan Luhan  hehehe...!!! Semangat juga untuk Exo, walaupun sudah kehilangan 2 member kalian tetap bisa membuktikan sebagai boyband tersukses saat ini.
cr: kapanlagi,com & kabarMaya.com

"StayStrong buat mereka semua"














6 comments:

  1. dan sekarang tambah rumor tao keluar dari exo :''

    ReplyDelete
  2. Sekarang kai pacaran sama siapalah itu , benci banget

    ReplyDelete
  3. Wkwkwkw... 2014 tahun pedih,, 2015 tahun gemilang,, 2016? Nct :3

    ReplyDelete
  4. 2016... kemenangan EXO dgn album EX'ACT dgn lagu monster sama lucky one!
    "don't be afraid, love is the way~ shawty I got it. you can call me monster! I'm creeping in your heart baby~" #MalahNyanyi :v

    ReplyDelete
  5. kangin kecelakaan dan hiatus dari dunia ent :'(

    ReplyDelete