Monday, 5 May 2014

31 Fakta Mengejutkan Tentang Artis dan Selebitis K-POP





1. Terdapat 3 manajamen / agensi besar di Korea:

SM Entertainment : 
Super Junior, Girl's Generation, SHINee, f(x), TVXQ, Exo, Boa, Kangta, The Grace dll.

YG Entertainment :
Bigbang, 2ne1, Lee Hi, PSY dll.

JYP Entertainment :
2PM, 2AM, Miss A, Wonder Girl's, JJ Project, Rain dll.


2. Di Korea menjadi artis bukanlah hal mudah. Ada 2 hal yang menentukan layak atau tidaknya seseorang menjadi artis, SKIIL dan PENAMPILAN. Tentu Skiil tetap nomer 1 karena bagi mereka penampilan bisa di ubah sewaktu- waktu.


3. Para 'calon artis' biasanya dilatih (ditrining) nyanyi, vocal, dance, akting dan juga kekompakan sesama member. Dan dilatihanya itu bukan sebulan dua bulan, tapi bertahun- tahun. Bahkan ada yang sampai 5-7 tahun sebelum akhirnya didebutkan menjadi penyanyi. Tentu saja, sebelum menjadi trainee (calon artis) harus melewati 3 tahap audisi.

4. Umur 'calon artis' yang dicari biasanya antara 12-17 tahun dengan waktu trainee panjang, tapi memang sesuai dengan hasilnya. 

5. Untuk para trainer semua kebutuhan ditanggung manajemen, tapi bila trainer tersebut sudah debut (diorbitkan menjadi artis) biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair. Lebih banyak ke pihak manajemennya, hitungannya bayar biaya selama si artis di trainee.

6. Penyanyi korea yang masih muda- muda (seperti k-pop grup gitu) disebut IDOL disana.

7. Idol korea DILARANG pacaran oleh manajemen mereka, karena akan sangat membahayakan karir mereka. Kalau usia mereka sudah lebih dari 30 tahun  baru diperbolehkan pacaran, itupun dari manajemen tertentu. 

8. Grup- grup yang baru debut disebut rookie grup dan biasanya ngga terlalu digubris sama orang Korea sana. 

9. Rookie grup biasanya debut diacara music populer Korea. MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank dan Music Core.

10. Kalo suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown.

11. Artis wajib mengikuti schedule yang sudah dibuat manajemen selama 24 jam /7 hari. Karena itu mereka harus tinggal di dorm/ asrama khusus. 

12. Katanya nih wajah- wajah melayu susah kalo mau debut di korea, soalnya orang Korea kurang suka muka melayu. 

13. Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di Korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa. 

14. Korean fans itu loyal banget. Mereka rela menghabisakan uang untuk membeli CD, poster, dan barang- barang lainnya yang berhubungan dengan idol mereka. 

15. CD/ Kalender dan merchandise K-POP lainnya adalah barang yang paling laris di Korea. Produk-produk seperti kosmetik, baju dll adalah nomer kesekian buat mereka. 

16. Kebanyakan korean fans cuma punya 1 fandom/ fanbase/ fansclub, tidak lebih. Paling banyak 2-3 mereka konsisten. Kalau dari awal suka sama satu grup, sampai kapanpun nggak bakal ganti tapi tetep ada pengecualian. Misal fandom awal mereka Elf ( fans Super Junior) sampai kapanpun mereka Elf. Kalau suka SHINee juga misalnya, mereka tidak akan menyebut diri mereka Shawol. Paling kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka SHINee's atau SNSD's fans bukan fandom! Fandom mereka cuma 1.

17. Karena kekonsistenan mereka itu, walaupun ada artis dihadapan mereka, mereka tidak akan peduli kalo itu bukan bias/ artis idola mereka. Begitu juga dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalo yang main itu salah satu dari grup favorit mereka. Jadi jangan heran kalo ketemu orang korea trus ditanya " Kenal sama artis ini ga?" trus dia jawab ga kenal. padahal artis terkenal.

18. Penjualan album K-pop pasti juga melonjak kalo lagi comeback. Biasanya 1 orang fans bisa beli 5 CD K-pop yang sama. Alasannya? karena penjualan album K-pop itu menentukan peringkat K-pop Idol favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada dll. Menurut korean fans, bukan fans beneran kalo ngga bela- belain beli album idol favorit mereka. Karena masuk korean chart penting banget!

19. Di korea, ngga cuma anak muda yang suka K-pop, kalo lagi fanmeeting jangan kaget tiba- tiba liat ahjumma/ ibu- ibu ikutan ngantri.

20. Orang korea sangat cinta dengan budaya mereka, dan artisnya dalam kesempatan yang pas diwajibkan mempromosikan apa saja tentang Korea. Mulai dari makanan, tempat wisata dll. Jadi jangan heran kalo udah liat orang korea menyantap makanan pasti kita jadi ikutan laper!

21. Kalau di SM Entertainment audisi menuntut Skill dan Fisik. Sedangkan di JYP Entertainment selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan. Waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka dan harus ranking. Misalnya udah lolos audisi JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis maka akan mendapat peringatan. Setelah dapat peringatan dan nilai rapot tetep rendah, maka siap-siap dikeluarkan dari JYP. 

22. Di korea ada berbagai macam tv yang kreatif, nah disitu para artis- artis sana diminta menunjukan kebolehannya. Kalo misal artis tersebut bisa bikin rating acara tv naik, maka jangan kaget kalo di acara- acara lain artis tersebut bakalan sering muncul. (Contoh acara tv Korea : We Got Married, Strong Heart, Running Man, Invisible Youth, Star Golden Bell dll).

23. Persaingan para idol K-Pop itu kuat banget, karena itu mereka sering oplas sana sini biar tidak kalah saingan. Tidak jarang ada artis yang bunuh diri karena tidak mampu bersaing dengan artis- artis lainnya. 

24. SM, JYP dan YG termasuk perusahaan yang berpengaruh di Korea, karena artis dibawah manajemen mereka biasanya selalu sukses. Dan lonjakan saham mereka sedikit banyakanya juga memepengaruhi perekonomian Korea. 

25. Ada beberapa manajemen yang mewajibkan artisnya tinggal di dorm karena padatnya jadwal mereka. Kalau asli dari luar daerah, mereka harus mau pindah ke Seoul. 

26. Korean fans suka memberi hadiah bintang untuk artisnya , karena mernurut mereka bintang itu abadi dan akan selalu diingat. 

27. Korean fans tidak akan peduli idolanya oplas atau tidak, menurutnya yang penting bagaimana idolanya sekarang dan bukan yang dulunya.

28. YG Entertainment tidak peduli penampilan seseorang, yang penting skillnya bukan sekedar bagus tapi harus luar biasa dan orang tersebut pekerja keras. (Contoh : CL & Minzy 2ne1).

29. Perbandingan artis yang debut dan artis yang gagal disaat bersamaan adalah 1:10. Maksudnya jika hari ini ada 1 artis yang debut, berarti disaat yang sama ada 10 artis yang gagal dan dikeluarkan dari manajemennya. 

30. Korean fans tidak ragu mendonasikan uang mereka dalam jumlah besar buat fandom mereka, makanya fandom sana kaya kaya.

31. Fans korea adalah fans yang sangar posesif! Mereka paling tidak suka liat artis idola mereka deket/ bahkan pacaran sama artis lain. Jika hal itu terjadi maka popularitas artis dan juga pacarnya     ( yang juga artis) akan turun drastis. Selain itu mereka tidak akan tinggal diam, korean fans biasanya akan menyerang artis mana saja yang berani deketin artis idola mereka, tidak jarang mereka juga main fisik. Karena itu untuk para artis korea pacaran itu DILARANG!


Sumber http://wahw33d.blogspot.com/2012/03/31-fakta-mengejutkan-tentang-artis-dan.html#ixzz30rAjnhod

No comments:

Post a Comment