Sunday, 16 February 2014

NOVEL YANG WAJIB ANDA BACA PART1

Night guys...
Sementara ni malam lagi biasa- biasa aja, alias ga ada yang W.O.W, gue mau posting sesuatu.
Selain gue suka sama korea dan anime jepang, gue juga suka sama yang namanya Baca Buku terutama Novel.
Gue suka banget baca novel fiksi, fantasy, petualangn, detektif, dll. 
Ya, pokoknya yang menurut saya bagus dan masuk dalam hitungan kategori versi gue. Terutama untuk Novel-nya Mrs. Enid Blyton sumpah gue suka banget. Walaupun sebenernya Novel itu tergolong untuk anak-anak. Umur gue udah 21th, tapi ngga ngaruh juga sama umur, karna menurut gue novel Karya Enid Blyton itu ngga ada matinya. Dan semboyan gue adalah ikuti kata hati dan ikuti apa yang menurutmu bagus untukmu dan apa yang kamu suka (haha sok yee). Jadi ini gue ada beberapa novel yang pengen gue share dan gue rekomendasiin buat kalian semua. Dan di jamin deh, ngga bakalan nyesel kok...
Dan by the way, anyway, busway gue ngga terlalu suka sama novel percintaan, jadi gue cuma bisa rekomendasiin dikit..

So check this out...



1

ENID BLYTON

Enid blyton adalah penulis asal inggris yang masuk dalam daftar 6 penulis paling terkenal di dunia. Hasil karyanya bahkan masuk dalam dafar terjemahan UNESCO, dan juga sudah di terjemahkan dalam 99 bahasa termasuk Indonesia. Beberapa novelnya yang terkenal adalah seri Lima Sekawan, Sapta Siaga, Pasukan Mau Tahu,Petualangan, Komplotan,  St. Clare dan masih ada lagi. Dan ini adalah beberapa Novel yang menjadi favorit saya, dan bisa menjadi bacaan wajib buat kalian semua.


  • LIMA SEKAWAN
Tokohnya adalah Julian, Dick, George, Anne dan Timmy, empat orang anak dan seekor anjing. Julian, Dick dan Anne adalah saudara kandung, sedangkan George saudara sepupu mereka dan Timmy itu anjing George. Genre-nya petualangan, dan bacground dari setiap novel ini adalah alam terbuka. Pokoknya di jamin keren dan imajinasinya itu dapet banget deh. Dan ini semua judul bukunya.

of my favorite book:


1. NYARIS TERJEBAK

2. MINGGAT

3. RAHASIA HARTA KARUN

4. KE SARANG PENYELUNDUP

5. MEMBURU KERETA API HANTU

6. SARJANA MISTERIUS

7. RAWA RAHASIA

8. KE BUKIT BILLYCOCK

9. MENYAMARKAN TEMAN

10. JO ANAK GELANDANGAN

11. DI PULAU SERAM

12. DALAM LORONG PENCOLENG

13. MEMPERJUANGKAN HARTA FINISTON

14. RAHASIA LOGAM AJAIB

15. BERKELANA

16. MELACAK JEJAK RAHASIA

17. RAHASIA PULAU KIRIN

18. BERAKSI KEMBALI

19. SIRKUS MISTERIUS

20. KARANG SETAN

21. DI PULAU HARTA


Oke seri diatas adalah versi dari Mrs. Enid Blyton sendiri, dan gue suka banget sam ke-21 terbitan Lima Sekawan ini. Pernah mikir si kok ngga di banyakin serinya ya kenapa cuma ada 21 aja, ya mungkin Mrs. Enid punya alasan tertentu. 

Dan berikut adalah buku Lima Sekawan seri terbaru yang di teruskan oleh pengarang bernama Claude Voilier setelah Mrs. Enid wafat, tapi sayangnya buku ini kurang terkenal di banding dengan versi aslinya. Dan menurut gue emang bener sih, walaupun tokohnya masih sama tapi rasanya kurang greget aja. Dan alasan gue juga ngga begitu suka sama buku ini adalah di dalam ceritanya TERLALU lebih mengacu sama sosok George. Mereka kan ada 5 anggota, tapi ternyata Claude lebih memilih George yang selalu dapet perannya, dan ke-4 anggota yang lainnya kayak cuma numpang di dalam cerita doank. Tapi buku ini juga bisa saya rekomendasikan karena cukup bagus .



1. BAHAYA DI TANJUNG BADAI

2. PENCULIKAN BINTANG TELEVISI

3. MENYERGAP PENYELUNDUP MUTIARA

4. WARISAN SANG PANGERAN

5. MELACAK TOPENG HITAM

6. MENAKLUKAN AGEN RAHASIA

7. MENCARI WARISAN RATU

8. DI KOTA HANTU

9. PATUNG DEWA ANEH

10. DI BUKIT SETAN

11. DI GUA KELELAWAR

12. HARTA DI GALIUNG KENCANA


Sebenarnya masih ada lagi, tetapi baru itu yang bisa saya rekomendasikan. Karena gue udah pernah baca.




  • KOMPLOTAN

Seri Komplotan ini ada 6 judul. Menurut gue ini adalah karya Enid yang keren setelah Lima Sekawan. Tokohnya adalah Barney, Roger, Diana, Snubby, Sinting dan Miranda. Roger dan Diana adalah saudara kandung, dan Snubby saudara sepupu mereka dan anjing gila bernama Sinting adalah kepunyaan Snubby. Sedangkan Barney adalah kawan mereka yang sebelum bertemu ayahnya  dulunya bekerja di sirkus, dan Miranda adalah monyet peliharaannya. Genrenya sama yaitu petualangan, intinya cuma kayak beda tokoh aja. Tapi sumpah idenya Mrs. Enid ini emang ngga ada matinya. Berikut judul bukunya :


1. KOMPLOTAN BAWAH TANAH

2. KOMPLOTAN TANGAN HIJAU

3. KOMPLOTAN PENCULIK

4. KOMPLOTAN TUKANG SABOT (serius gue belum baca yang ini ;(...)

5. KOMPLOTAN PENCURI SENJATA

6. KOMPLOTAN PERAMPOK BANK



  • PETUALANGAN
Seri ini juga favorit saya, saya suka banget sama tokoh- tokoh buku ini. Mereka adalah Jack, Philip, Dinah, Lucy-An dan Kiki. Jack dan Lucy-An adalah kakak beradik dan Kiki seekor burung kakak tua kepunyaan Jack. Sedangkan Philip dan Dinah juga kakak beradik tapi tidak sedarah dengan Jack dan Lucy-An. Karena Jack dan adiknya yatim piatu dan diadopsi oleh Ibu Philip dan Dinah. Dan ada satu tokoh lagi yang penting, yaitu Bill Cuningham. Dia adalah seorang detektif dan kepala kepolisian yang sering mengusut kasus pelik dan justru anak-anak yg menjadi sahabatnya yang memecahkan kasus tersebut. Dan akhirnya dia menikah dengan Bibi Alie, dan menjadi ayah bagi mereka semua. Berikut adalah judul bukunya:


of my favorite book:


1. PETUALANGAN DI LEMBAH MAUT

2. PETUALANGAN DI GUNUNG BENCANA

3. PETUALANGAN DI SIRKUS ASING

4. PETUALANGAN DI SUNGAI AJAIB

5. PETUALANGAN DI PURI RAJAWALI

6. PETUALANGAN DI KAPAL PESIAR

7. PETUALANGAN DI LAUT SUNYI

8. PETUALANGAN DI PULAU SURAM




  • SAPTA SIAGA
Mereka adalah sebuah klub yang di bentuk oleh Mrs. Enid Blyton dengan tujuh anggota. Misi mereka adalah menyelidiki sesuatu hal yang ganjil dan berusaha memecahkannya. Tokohnya adalah Peter, Jack, George, Colin, Janet, Barbara dan Pam. Dan ada juga seekor anjing kepunyaan Peter dan Janet bernama Skippy yang turut andil dalam klub ini, dan ada juga Susi adik Jack yang tingkah lakunya lumayan menjengkelkan. Berikut adalah judul bukunya:
Gue belum baca semuanya, karna kadang ngga ada waktu, karna saya harus kerja heheheh (curhat).


1. SERIKAT SAPTA SIAGA

2. RAHASIA JEJAK BUNDAR

3. MEMECAHKAN RAHASIA KAPAK MERAH

4. MENCARI JEJAK

5. MENCARI ANJING HILANG

6. KOMPLOTAN MISTERIUS

7. GUA RAHASIA

8. RAHASIA RUMAH KOSONG

9. TUDUHAN PALSU

10. MISTERI BIOLA KUNO

11. BERMAIN API

12. GARA- GARA TELESKOP

13. KERIBUTAN SESAMA KAWAN

14. MEMBELA TEMAN

15. MENERIMA TANDA JASA



  • PASUKAN MAU TAHU

Buku ini bercerita tentang sebuah kelompok yang dibentuk oleh Mrs. Enid dengan nama Pasukan Mau Tahu. Tokohnya adalah
Larry (Laurence Daykin) ketua
Daisy (Margareth Daykin) adik Larry
Pip (Philip Hilton)
Bets ( Elisabeth Hilton) adik Pip
Fatty (Frederick Algernon Trottoville)
Buster ( anjing Fatty)
Misi mereka adalah memecahkan kasus pelik yang terjadi di sekitar mereka. Karna itu mereka juga harus berlomba dengan Pak Goon alias Pak Ayo Pergi seorang ploisi desa yang nggak suka sama anak-anak. Terutama anak-anak yang sok tau seperti mereka. Buku ini menarik menurut saya, seperti yang saya bilang bahwa karya Mrs. Enid memang luar biasa.


1. MISETERI PONDOK YANG TERBAKAR

2. MSTERI HILANGNYA KUCING SIAM

3. MISTERI KAMAR TERSEMBUNYI

4. MISTERI SURAT KALENG

5. MISTERI KALUNG CURIAN

6. MISTERI GEDUNG TUA

7. MISTERI DI TEATER KECIL

8. MISTERI PANGERAN ASING

9. MISTERI BUNGKUSAN ANEH

10. MISTERI DI HOLLY LANE

11. MISTERI PENYAMAR ULUNG

12. MISTERI BERITA ANEH



Dan berikut adalah karya Mrs. Enid yang lain yang bisa saya rekomendasikan 

1. EMPAT SERANGKAI cukup bagus, tapi saya baru baca yang DI PULAU RAHASIA.

2. ST. CLARE

3. SIRKUS PAK GALIANO

4. SERI SI BADUNG

5. SERI MALORY TOWERS



Okke guys sekian dulu di part 1 ini saya membahas karya dari buku Mrs. Enid Blyton yang saya rekomendasikan. Dan nanti saya akan rekomendasikan beberapa novel keren yang lainnya di part selanjutnya.























No comments:

Post a Comment